URGENSI REGULASI IDE-IDE PENGUATAN BUMN DALAM RANGKA OPTIMALISASI ENDAPATAN PERUSAHAAN MILIK NEGARA

  • Sefrika Marni Kementerian Hukum dan HAM
Keywords: Regulasi, BUMN, Integritas

Abstract

Sudah seharusnya tidak terdapat permasalahan dalam lingkup penguatan BUMN dan perlindungan keuangan negara apabila ide-ide penguatan BUMN telah dilaksanakan secara konsisten. Akan tetapi, tidak dapat dielakkan bahwa sampai saat ini masih terjadi permasalahan hukum dalam praktik bisnis BUMN terutama terkait dengan akhlak para petingginya. Oleh karena itu, permasalahan dalam penelitian ini dibatasi terhadap aspek kebutuhan sumber daya manusia yang berintegritas dikaitkan dengan kepastian hukum untuk penguatan BUMN dan perlindungan keuangan negara. Pendekatan dari jenis penelitian ini adalah dari aspek aturan hukum dan dari aspek konsep atau teori hukum. Urgensi regulasi terhadap ide-ide penguatan BUMN dalam rangka optimalisasi pendapatan dari perusahaan milik negara harus dilakukan melalui pemikiran yang cermat dan tepat dalam menentukan pola yang paling benar dan ideal. Hal tersebut disebabkan ide-ide penguatan BUMN dalam rangka optimalisasi pendapatan dari perusahaan milik negara teramat banyak polanya. Apabila telah terdapat ide penguatan BUMN yang telah disepakati bersama untuk dipilih sebagai dasar pengundangan, regulasi tersebut harus ditopang dengan payung hukum yang kokoh dan sulit untuk diuji keabsahannya. Kebutuhan sumber daya manusia yang berintegritas dikaitkan dengan kepastian hukum bagi urgensi regulasi terhadap ide penguatan BUMN dalam rangka optimalisasi pendapatan dari perusahaan milik negara harus dilakukan secara objektif dan transparan.

Author Biography

Sefrika Marni, Kementerian Hukum dan HAM

Sefrika Marni, S.H., M.H., lahir di Rokan Hulu. Penulis bekerja sebagai PNS pada Kementerian Hukum dan HAM Riau, diterima sebagai CPNS pada tahun 2010 dan ditugaskan pada UPT Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru sebagai sekretaris Karudenim (2011- 2019) dan sebagai Bendahara Pengeluaran (2013-2019). Setelah menyelesaikan pekerjaan kantor, penulis menyempatkan berkarya dengan menulis buku yang berjudul “Kebijakan Penanganan Pengungsi Asing di Indonesia”.

Published
2020-07-27
How to Cite
Marni, S. (2020). URGENSI REGULASI IDE-IDE PENGUATAN BUMN DALAM RANGKA OPTIMALISASI ENDAPATAN PERUSAHAAN MILIK NEGARA. Majalah Hukum Nasional, 50(1), 103-131. Retrieved from https://mhn.bphn.go.id/index.php/MHN/article/view/54