KONSTRUKSI HUKUM PEMBIAYAAN MODAL VENTURA BAGI UMKM DALAM MENGHADAPI ANCAMAN RESESI EKONOMI GLOBAL DI INDONESIA

Keywords: Modal Ventura, Resesi Ekonom, UMKM

Abstract

UMKM memiliki peran yang strategi dalam mengatasi permasalahan perekonomian negara. Namun demikian, salah satu problematika yang kerap dihadapi oleh UMKM adalah modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika yang dihadapi oleh UMKM, serta menganalisis problematika kepastian hukum pembiayaan modal ventura bagi UMKM. Penelitian ini menggunakan metode yuridis-normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan, serta menggunakan data sekunder yang diolah melalui teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa negara Indonesia semenjak krisis perekonomian hingga saat ini, sangat terbantu dengan adanya peran UMKM sebagai stimulus perekonomian. Atas hal tersebut, untuk mengatasi permasalahan UMKM saat ini, maka diperlukannya urgensi penerapan modal ventura sebagai salah satu lembaga alternatif pembiayaan modal bagi UMKM. Modal ventura tidak hanya berfokus terhadap permodalan, namun juga berfokus terhadap pembinaan manajemen usaha. Hal tersebut tentunya sangat tepat bagi UMKM dalam menghadapi ancaman resesi ekonomi global. Pada saat ini, pengaturan pembiayaan modal ventura masih berbenturan terhadap kepastian hukum bagi perusahaan modal ventura untuk memberikan pendanaan bagi UMKM. Hal ini dikarenakan, pembiayaan modal ventura bagi UMKM hanya diberikan kepada badan hukum yang berbentuk Perseroan Terbatas (“PT”). Atas hal tersebut, perlu adanya konstruksi hukum yang mampu menciptakan kepastian hukum antara perusahaan modal ventura, UMKM, dan investor.

Author Biographies

Vicko Taniady, Universitas Jember

Vicko Taniady merupakan Mahasiswa Berprestasi Universitas Jember, dan menjadi 15 Besar Mahasiswa Berprestasi di Indonesia tingkat Sarjana pada tahun 2022. Dalam waktu luangnya, Vicko merupakan editor pada Jurnal Kajian pembaharuan Hukum. Selain itu, Vicko juga aktif mengikuti perlombaan penulisan ilmiah, conferences, dan lomba hukum lainnya. Vicko juga memiliki kurang lebih 16 publikasi jurnal ilmiah, yang salah satunya terindeks scopus dengan judul “The Principle of Balance Formulation as the Basis for Cancellation of Agreement in Indonesia”. Saat ini, Vicko bekerja sebagai Junior Associate di salah satu firma hukum terbesar di Indonesia yang terletak di Jakarta Selatan.

Kania Venisa Rachim, Universitas Jember

Kania Venisa Rachim merupakan Runner Up Mahasiswa Berprestasi Fakultas Hukum Tahun 2023, Universitas Jember. Selain berkuliah, mengisi waktu luang untuk aktif dalam berorganisasi Forum Anak Bondowoso, Forum Kajian Keilmuan Hukum dan membantu sebagai Asisten Editor pada Jurnal Kajian Pembaharuan Hukum. Selain itu, aktif juga dalam lomba kepenulisan yang menghasilkan lima publikasi, antara lain jurnal terakreditasi SINTA 2, SINTA 3 dan SINTA 4.

Ramadhan Dwi Saputra, Universitas Jember

Ramadhan Dwi Saputra merupakan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember. Dalam waktu luangnya ramadhan rajin mengikuti perlombaan seperti debat hukum, karya tulis ilmiah hukum dan lomba hukum lainnya. Ramadhan memiliki salah satu tulisan yang berjudul “Rekonseptualisasi Pembentukan Pengadilan Agraria di Indonesia : Upaya Perlindungan Hak Warga Negara Atas Tanah”.

Published
2023-12-23
How to Cite
Taniady, V., Rachim, K. V., & Saputra, R. D. (2023). KONSTRUKSI HUKUM PEMBIAYAAN MODAL VENTURA BAGI UMKM DALAM MENGHADAPI ANCAMAN RESESI EKONOMI GLOBAL DI INDONESIA. Majalah Hukum Nasional, 53(2), 321-342. https://doi.org/10.33331/mhn.v53i2.237