KEWENANGAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DALAM MEMUTUS PERKARA PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS PERKARA PT. CANDRATEX DAN PT. ASIAN CUTTON DENGAN BPJS CABANG SOREANG) (AUTHORITY OF CONSUMER DISPUTE RESOLUTION AGENCY (BPSK) IN DECIDING CONS

  • : Arman Tjoneng, Christin Septina dan Rizsal Epani HM Badan Pembinaan Hukum Nasional
Keywords: Kewenangan, Perlindungan Konsumen, Penyelesaian Sengketa.

Abstract

Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) sebagai lembaga quasi peradilan yang
berwenang memutus perkara bidang perlindungan konsumen. BPSK Kabupaten Bandung
telah memutus keberatan dari PT. Candratex Sejati dan PT. Asian Cotton Industry terhadap
BPJS cabang Soreang terkait sanksi adminitrasi yang diberikan oleh BPJS cabang Soreang
melalui Teguran Tertulis yang intinya menghukum BPJS Cabang Soreang untuk merubah
kebijakannya yang telah mewajibkan setiap perusahaan untuk mendaftarkan pekerjanya
pada BPJS Kesehatan karena kebijakan tersebut dianggap telah terbukti menimbulkan praktik
monopoli, menyebabkan persaingan usaha yang tidak sehat dan merugikan sebagian besar
konsumen serta perusahaan asuransi kesehatan. BPSK Kabupaten Bandung dalam memutus
keberatan yang diajukan oleh PT. Candratex Sejati dan PT. Asian Cotton Industry terhadap
BPJS cabang Soreang telah melanggar kewenangan dari BPSK sendiri, karena sengketa yang
terjadi antara PT. Candratex Sejati dan PT. Asian Cotton Industry dengan BPJS cabang Soreang
sebagai Badan Tata Usaha Negara yang memberikan sanksi atas ketidakpatuhan PT.
Candratex Sejati dan PT. Asian Cotton Industry untuk menjadi peserta Jaminan Kesehatan
yang diselenggarakan oleh BPJS bukan merupakan sengketa antara pelaku usaha dengan
konsumen. Oleh karena itu, seharusnya hal ini diputus melalui PTUN.

Author Biography

: Arman Tjoneng, Christin Septina dan Rizsal Epani HM, Badan Pembinaan Hukum Nasional

Arman Tjoneng, S.H., M.H. Dosen di FH UK. Maranatha Bandung. Selain sebagai dosen, aktif
juga sebagai Advokat dan mediator. Pendidikan S-1 di FH Unpas lulus tahun 2005 dan S-2 di
FH Unpad lulus tahun 2010.
Christine S. Basani, S.H., LL.M. Dosen di FH UK. Maranatha Bandung. Pendidikan S-1 di
Fakultas Hukum Universitas Katolik Atmajaya Yogyakarta dan S-2 Fakultas Hukum Universitas
Gadjah Mada Yogyakarta.
Rizsal Epani HM, S.H., lulusan FH UK. Maranatha Bandung tahun 2019 yang sekarang aktif
sebagai pengusaha dan terjun di dunia politik.

Published
2020-01-24
How to Cite
: Arman Tjoneng, Christin Septina dan Rizsal Epani HM. (2020). KEWENANGAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN (BPSK) DALAM MEMUTUS PERKARA PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS PERKARA PT. CANDRATEX DAN PT. ASIAN CUTTON DENGAN BPJS CABANG SOREANG) (AUTHORITY OF CONSUMER DISPUTE RESOLUTION AGENCY (BPSK) IN DECIDING CONS. Majalah Hukum Nasional, (2). Retrieved from https://mhn.bphn.go.id/index.php/MHN/article/view/30