PENGUATAN SISTEM INFORMASI PENGHITUNGAN SUARA KOMISI PEMILIHAN UMUM: TANTANGAN REGULASI DAN TATA KELOLA

  • Kristianus Jimy Pratama Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada
Keywords: Sistem Informasi Penghitungan Suara, Komisi Pemilihan Umum, Regulasi, Tata Kelola

Abstract

Penerapan sistem informasi penghitungan suara (situng) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2019 adalah bentuk pengejawantahan prinsip keterbukaan dan penguatan teknologi dalam pemilu. Pelaksanaan operasi situng dalam pemilu tahun 2019 mengalami kelemahan dan belum mencapai tujuan pemilu yang hendak dicapai secara maksimal. Adapun dua rumusan penelitian ini berfokus pada penguatan situng didasarkan pada sudut pandang regulasi dan tata kelola dari pemilu tahun 2019 untuk pelaksanaan operasi situng pada pemilu tahun 2024. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Simpulan penelitian ini adalah perlu dilakukan penguatan operasi situng di pemilu tahun 2024 dengan membentuk regulasi komprehensif tentang situng dan penguatan kapasitas dari internal penyelenggara pemilu.

Author Biography

Kristianus Jimy Pratama, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada

Kristianus Jimy Pratama, S.H., M,H. menyelesaikan pendidikan pada S1 Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya dan jenjang S2 pada Program Studi Magister Hukum Bisnis dan Kenegaran Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Penulis merupakan peneliti Center for Law, Technology, RegTech & LegalTech Studies Universitas Gadjah Mada pada periode 2021-2023. Penulis memiliki artikel penelitian mandiri yaitu diantaranya yang berjudul “Tinjauan Kritis Terhadap Manajemen Risiko Pengembalian Investasi Asing Pada Pembangunan Ibu Kota Nusantara” dalam Majalah Hukum Nasional (Vol. 52 No.1 Tahun 2022) dan “Konsepsi Reformulasi Hierarki PUU di Indonesia” dalam Jurnal Arena Hukum (Vol.15 No.2, Tahun 2022). Selain itu, penulis juga memiliki artikel penelitian kolaborasi yaitu diantaranya adalah artikel yang berjudul “Study of Development of Indonesia’s Remuneration Law System (2019) yang dipublikasikan pada Social Science Research Network (SSRN) by Elsevier. Fokus penelitian penulis adalah bidang hukum bisnis, hukum tata negara, dan hukum teknologi. Penulis dapat dihubungi melalui email: kristianusjimy@mail.ugm.ac.id.

Published
2023-12-14
How to Cite
Pratama, K. J. (2023). PENGUATAN SISTEM INFORMASI PENGHITUNGAN SUARA KOMISI PEMILIHAN UMUM: TANTANGAN REGULASI DAN TATA KELOLA. Majalah Hukum Nasional, 53(1), 90-109. https://doi.org/10.33331/mhn.v53i1.218