FULL E-BOOK MAJALAH HUKUM NASIONAL VOLUME 52 NOMOR 2 TAHUN 2022

  • Muh Afdal Yanuar Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan
  • Fahrurozi Muhammad Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum
  • Albert Lodewyk Sentosa Siahaan Universitas Pelita Harapan
  • Syahrijal Syakur Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan
  • Putri Purbasari Raharningtyas Marditia Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Michelle Widjaja Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Billa Ratuwibawa Nyimasmukti Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada
  • Mustika Setianingrum Wijayanti Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada
  • Dewi Bella Juniarti Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada
  • Otniel Yustisia Kristian Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)

Abstract

Versi Ebook ini merupakan kumpulan dari 7 (tujuh) tulisan yang ada di Majalah Hukum Nasional Volume 52 Nomor 2 Tahun 2022. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Author Biographies

Muh Afdal Yanuar, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan

Muh. Afdal Yanuar, S.H., adalah legal analyst pada Pusat Pelaporan & Analisis Transaksi Keuangan, yang merupakan alumni pada Program Studi S-1 Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, dan saat ini sedang menempuh pendidikan Magister Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Sejak tahun 2019, ia aktif mempublikasikan artikel ilmiah yang ditulisnya pada beberapa jurnal terakreditasi di Indonesia, dengan konsentrasi utama di bidang hukum pidana dan hukum ekonomi. Saat ini, ia telah memiliki sebuah buku yang terpublikasi dengan judul “Tindak Pidana Pencucian Uang dan Perampasan Aset”. Ia juga aktif mengajar pada beberapa pendidikan dan pelatihan pada beberapa institusi penegak hukum terkait tindak pidana pencucian uang dan perampasan aset. Ia juga pernah dianugerahi sebagai Pegawai Berprestasi pada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Tahun 2021.

Fahrurozi Muhammad, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum

Fahrurozi adalah seorang perancang Peraturan Perundang-undangan di lingkungan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Di sela kesibukan nya, beliau menjabat sebagai Kepala Divisi Penelitian, Pengkajian, dan Pelatihan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Beliau aktif dalam penyusunan berbagai regulasi dan instrumen hukum lainnya yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Ditjen AHU. Selain bekerja sebagai ASN, Fahrurozi juga aktif mengajar sebagai dosen tamu, serta menulis baik tulisan ilmiah maupun non-ilmiah di berbagai media massa. Pria yang menempuh pendidikan sarjana dan magister di Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini juga terlibat dalam berbagai organisasi di bidang edukasi hukum, diantaranya mendirikan komunitas Hukum on Air, dan Governance and Law Society (GoALS).

Albert Lodewyk Sentosa Siahaan, Universitas Pelita Harapan

Albert Lodewyk.Sentosa Siahaan, S.H., M.Kn. Penulis.kelahiran Medan ini adalah dosen tetap Program Studi.Ilmu Hukum di Universitas Pelita.Harapan, Kampus Medan.sejak tahun 2015. Albert adalah lulusan Sarjana.Hukum Universitas Sumatera Utara.dan Magister Kenotariatan di.Kampus yang sama. Selain mengajar, beliau merupakan.praktisi hukum di Kantor.Notaris/PPAT Albert Lodewyk.Sentosa Siahaan, S.H., M.Kn. dengan.wilayah kerja Sumatera Utara. Penulis aktif dalam. membuat berbagai artikel.dalam jurnal, Proceeding dan.buku buku (ISBN). Email: albert.siahaan@lecturer.uph.edu

Syahrijal Syakur, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan

Syahrijal Syakur, Pendidikan yang telah ditempuh adalah S-1 Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang dan S-2 Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Saat ini penulis bekerja pada Kejaksaan Agung Republik Indonesia dengan status dipekerjakan pada PPATK. Sebagai Jaksa yang dipekerjakan di Direktorat Hukum PPATK, penulis mempunyai tugas untuk membuat Kajian Hukum terkait dengan isu-isu terkait TPPU dan TPPT, serta membuat Anotasi Putusan Perkara TPPU dan TPPT.

Putri Purbasari Raharningtyas Marditia, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Putri Purbasari Raharningtyas Marditia, S.H., M.H., Dosen Hukum Perdata, Perjanjian Hukum dan Hukum Badan Hukum Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Meraih gelar Sarjana Hukum Internasional dari Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Lulus Magister dari Universitas Diponegoro. Penelitian dan Publikasi selama 3 (tiga) tahun terakhir meliputi: Mekanisme Pelaksanaan Ganti Rugi Atas Anggaran Pendapatan Belanja Negara Sebagai Penemuan Hukum Atas Problematika Non Executable Penyitaan Atas Aset Milik Negara (2020); Countercyclical And Omnibus Law : Sustainable Welfare Regulation Model In Accelerating Economic Benefit In Tourism During The Unintended Consequences Of Covid-19 Pandemic In Coastal Areas (2021); Arrangement model for the implementation of pledge of shares execution for a public company by private sale to create sustainable economic development (2022); Safe deposit box regulatory model An effort to prevent money laundering practices in the Indonesian banking system (2022); The Possible
Regulation Model To Optimize The Automatic Exchange Of Information (Aeoi) In Indonesia Through Directorate General Of Taxation, Ministry Of Finance And Financial Services Authority (2022); Model of legal protection for aircraft property guarantee in Indonesia (2022); Marketplace Accountability Regulatory Model for the Online Distribution of Hard Drugs (Prescription Drugs) (2022); Criticizing apartment ownership regulation in Indonesia: A study of New South Wales and Netherlands (2022)

Michelle Widjaja, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Michelle Widjaja, S.H., Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Meraih gelar Sarjana Hukum dengan peminatan Hukum Perdata dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Memiliki ketertarikan penelitian dibidang Hukum Perdata.

Billa Ratuwibawa Nyimasmukti, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada

Billa Ratuwibawa Nyimasmukti, saat ini penulis meraih gelar Sarjana Hukum pada tahun 2022 dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Artikel penelitian yang telah diterbitkan oleh penulis adalah “Revitalizing the Mosques Function as a Means of Forming Muslim Scholars and Students in Indonesia” pada Khalifa Journal of Islamic Education, Vol. 3 No. 2 (September 2019). Selain itu, penulis juga menghasilkan beberapa karya tulis ilmiah yang telah memenangkan beberapa kompetisi nasional dan memperoleh dana hibah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tingkat Nasional, diantaranya “Biophilia Prison: Konsep Rumah Tahanan Hijau yang Lebih Humanis guna Menekan Budaya Kekerasan di Dalam Lapas dan Mendayagunakan Narapidana” dalam PKM-PIMNAS 33 tahun 2020, “Abandoned Quarries
EcoTourism: Konsep Kawasan Pariwisata Terpadu berbasis Eco Settlement pada Lubang Bekas Galian Tambang di Kalimantan Timur” dalam PKM 2021, “DisPata (Distribusi Pangan Kita): Sistem Manajemen Pendistribusian Surplus Makanan Berbasis Location Based Services (LBS) guna Mengoptimalkan Peran Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi” dalam The National Scientific Writing Competition at International Conference on Science Infrastructure Technology, and Regional Development 2020. Penulis dapat dihubungi melalui alamat e-mail: bwibawa9@gmail.com.

Mustika Setianingrum Wijayanti, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada

Mustika Setianingrum Wijayanti merupakan mahasiswa tingkat akhir departemen Hukum Bisnis Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Penulis mempunyai minat serta ketertarikan dalam bidang hukum bisnis dan teknologi. Selama masa perkuliahannya, penulis turut aktif dalam kegiatan akademik hingga non-akademik seperti kompetisi nasional contract drafting dengan tema berfokus pada Financial Technology Peer-to-Peer Lending (P2P), berbagai organisasi, hingga internship. Saat ini penulis sedang melakukan penelitian mengenai teknologi blockchain dan nonfungible token (NFT) serta menjalani internship di startup teknologi yang juga bergerak dalam bidang teknologi blockchain. Penulis dapat dihubungi melalui alamat e-mail: mustika.hk@mail.
ugm.ac.id, dan LinkedIn: Mustika Setianingrum Wijayanti.

Dewi Bella Juniarti, Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada

Dewi Bella Juniarti lahir di Bogor pada tahun 1999. Ia meraih gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada pada tahun 2022. Selama menempuh pendidikan, ia aktif berorganisasi dalam Forum Penelitian dan Penulisan Hukum dan Komunitas Peradilan Semu. Selain itu, dilain kesempatan ia mengikuti kompetisi seperti karya tulis ilmiah, perancangan kontrak dan turut serta aktif dalam beberapa konferensi. Penulisan yang pernah diterbitkan oleh penulis adalah jurnal berjudul Fullfilment of Defendant’s Right in Perma Number 4 of 2020 reviewed from Principle of Due Process of Law. Penulis dapat dihubungi via e-mail: dewi.bella.j@mail.ugm.ac.id.

Otniel Yustisia Kristian, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)

Otniel Yustisia Kristian, S.H., M.H., menyelesaikan pendidikan program Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tahun 2016. Kemudian menyelesaikan program studi Magister Hukum di Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2019. Saat ini penulis bertugas sebagai PNS di Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Disana penulis aktif dalam kegiatan penyusunan kajian hukum dan pengajar pada beberapa instansi untuk materi terkait rezim anti pencucian uang. Beberapa kegiatan mengajar yang pernah dilakukan penulis yaitu Pengajar dalam Pelatihan Jarak Jauh Penyidikan TPPU Tindak Pidana Asal di bidang Perpajakan untuk PPNS Dirjen Pajak Tahun 2021, Pengajar/Narasumber kegiatan Peningkatan Kapasitas PPNS KLHK Tahun 2021, Pengajar dalam Pelatihan Penyidik TPPU di bidang Perikanan untuk PPNS TNI AL dan PPNS PSDKP Tahun 2021, serta Pengajar dalam Pelatihan Penyidikan Teknis TPPU di bidang Pengawasan Obat dan Makanan untuk PPNS BPOM Tahun 2021 dan 2022. Selain itu penulis juga aktif menulis
beberapa karya tulis terkait dengan rezim anti pencucian uang antara lain berjudul: Analisis Hukum atas Persepsi Penegak Hukum dalam Penanganan Perkara TPPU, Jakarta: PPATK, 2020; Tinjauan Hukum atas Kepemilikan Saham oleh Koperasi sebagai Sarana TPPU, Jakarta: PPATK, 2020; dan Tinjauan Hukum mengenai Ketentuan Anti Tipping Off dalam Pencegahan dan Pemberantasan TPPU, Jakarta: PPATK, 2022.

Published
2022-12-22
How to Cite
Yanuar, M. A., Muhammad, F., Siahaan, A. L. S., Syakur, S., Marditia, P. P. R., Widjaja, M., Nyimasmukti, B. R., Wijayanti, M. S., Juniarti, D. B., & Kristian, O. Y. (2022). FULL E-BOOK MAJALAH HUKUM NASIONAL VOLUME 52 NOMOR 2 TAHUN 2022. Majalah Hukum Nasional, 52(2), 169-326. Retrieved from https://mhn.bphn.go.id/index.php/MHN/article/view/197